5431 master-Preskon Itang Yunasz bersama Barekraf

Itang Yunasz Pamerkan Koleksi Batik Klasik ‘Kanjeng’ di IFW 2016

Setelah sebelumnya sukses meluncurkan motif Kalimantan, kali ini desainer Itang Yunasz meluncurkan koleksi rancangan terbarunya dengan tema ‘Kanjeng’ dalam label Itang Yunasz ‘ Ready To Wear’. Koleksi anyar ini merupakan busana yang dihadirkan untuk melengkapi gaya busana muslimah. Koleksi baru hasil rancangannya itu dipamerkan dalam gelaran Indonesia Fashion Week 2016 yang berlangsung di JCC, Senayan, Jakarta Pusat dari tanggal 10-13 Maret 2016.

5431a - Preskon Itang Yunasz bersama Barekraf__1

Press conference Itang Yunasz & Barekraf

Kali ini Itang Yunasz membuat koleksi busana muslim yang kental dengan nuansa etnik dari batik klasik, Itang menamai koleksinya ini dengan ‘Kanjeng’. Dalam budaya Jawa, Kanjeng merupakan gelar yang diberikan kepada seseorang yang memiliki strata tinggi di masyarakat Jawa. Sebutan ini juga kerap digunakan untuk orang setingkat bangsawan di lingkungan kerajaan.

Sesuai dengan temanya, Itang  Yunazs menghadirkan aura elegan dan glamor layaknya wanita bangsawan. Dalam peragaan busana yang dipersembahkan Badan Ekonomi Kreatif dengan tema ‘Menuju Indonesia Menjadi Pusat Fashion Muslim Dunia’, Itang menampilkan sebanyak delapan set busana ‘Kanjeng’. Koleksinya yang ditampilkan didominasi gaun dengan rok melebar, dilengkapi selendang yang menambah kesan anggun.

5431b - Kanjeng by Itang Yunasz

Kanjeng by Itang Yunasz

Itang banyak menampilkan motif batik klasik seperti Babon Anggreng, Bunga Hokokai, Parang Rusak, Parang Besar dan Kecil yang dikreasikan pada garis tepi busana, ornamen emblem maupun pita. Palet sogan cokelat, kuning keemasan dan hitam semakin menambah kesan elegan pada busana dari kain batik tulis ini.

Siluet dibuat melebar berpotongan A-line juga H-line dengan material flowy seperti sifon, crepe, organza dan katun. Tak hanya dalam bentuk gaun, desainer yang sudah lebih dari 25 tahun berkarya ini juga mengaplikasikan batik klasik pada blouse, jaket, coat, kemeja dan rok panjang sebagai alternatif padu padan.

5431c - Kanjeng by Itang Yunasz__1

Nuansa etnik nan mewah

Selain Itang, fashion show persembahan Badan Ekonomi Kreatif tersebut juga menampilkan koleksi dari Ida Royani yang mengusung tenun Nusa Tenggara Timur dalam deretan busana muslim bernuansa cokelat.

Fashion show ini juga menghadirkan dua desainer mancanegara. Salah satunya Amalina Aman asal Australia. Amalina menampilkan busana muslim berpalet nude dengan siluet longgar, ringan melayang yang diperkaya aksen draperi serta printing.

5431d - Fashunica by Stephen Tach dari Jepang

Tema oriental Stephen Tach

Sementara Stephen Tach dari Jepang mengusung busana casual bernuansa oriental. Koleksinya hadir dalam palet hitam-putih dengan berbagai motif floral yang dikreasikan secara geometris. Potongan tailoring dalam bentuk gaun pas badan, jaket, rok pensil, celana pipa selutut dan setelan jas serta rok cocok untuk berpenampilan formal maupun ke kantor.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *