5414IFW-news

Delapan Desainer Muda ISFA Usung Tema ‘Neoteric Heritage’

Imelda Sparks Fashion Academy (ISFA) kembali memamerkan koleksi terbarunya dalam balutan tema  Neoteric Heritage pada pagelaran Indonesia Fashion Week (IFW) 2016 yang berlangsung di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (13/3/2016). Dalam pekan mode tersebut ISFA menampilkan koleksi karya delapan desainer muda yang memamerkan 48 koleksi busana. Para designer muda itu adalah Pratiwi Harsetiani, Fitriana Carmelita, Lia Gerstenfeld, Jill Kuntoro, Agnesia Sagala, Airini Lioni, Laura Alvita, dan Gabriella Carnelita.

Menurut Creative and Academic Development Director ISFA Musa Widyatmodjo, tema Neoteric Heritage yang diangkat dalam pekan mode tersebut bertujuan untuk menunjukkan keindahan budaya daerah, kain dan etnik Indonesia agar semakin dikenal dan digemari oleh semua kalangan, terutama anak muda.

5414c

Berbagai sumber inspirasi yang digali oleh delapan desainer muda ISFA tersebut adalah Rumah Gadang, Pulau Lembata, Dayak Kenyah, Tari Faluaya dari Nias, Rumah Toraja, Pulau Bali, hingga Nusa Tenggara Timur dan Nusa Tenggara Barat.

Musa menambahkan konsep rancangan busana yang berkesan modern, terlihat melalui aplikasi motif etnik yang menggunakan warna-warna pop art yang kontras seperti pink, biru, dan kuning. Potongan busana dengan siluet yang simple dan aplikasi fabric manipulasi untuk detailnya, membuat koleksi Neoteric Heritage ini menjangkau luas ke segmen anak muda yang memiliki mobilitas tinggi namun tetap ingin tampil unik melalui sentuhan etnik Indonesia.

5414d

“Selain itu, tujuan pagelaran busana ini bukan hanya indah untuk dipamerkan tapi juga harus memperhitungkan nilai jualnya,” demikian dikatakan Musa seperti dalam keterangan tertulisnya di IFW 2016, di JCC, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (13/3/2014).

5414e

Lebih lanjut Musa mengatakan, sebagai desainer ia selalu menekankan pentingnya pemasaran. Sebab pemasaran erat kaitannya dengan bisnis dan juga kelangsungan masa depan desainer itu sendiri. Terlebih, kata Musa, di era yang serba kompetitif seperti saat ini dengan persaingan industri mode yang begitu ketat.

5414i

“Pembekalan di sisi bisnis sangat penting dalam persaingan di industri fashion. Sedangkan peluang di industri mode sangat besar tapi tantangannya juga berat,” ujarnya.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *